Reborn dan Zenix turut berkontribusi mengantar Kijang Innova menjadi mobil terlaris di Indonesia. Lalu mana yang lebih laris di pada keduanya.
Kijang Innova tetap memegang takhta sebagai mobil terlaris di Indonesia periode Agustus 2024. Torehan penjualan Kijang Innova itu belum sanggup dilampaui oleh model-model lainnya. Dalam knowledge distribusi wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), distribusi Innova raih 6.537 unit.
Untuk diketahui, penghitungan penjualan wholesales Kijang Innova itu melibatkan dua type yakni Reborn dan Zenix. Ya, meski Zenix merupakan generasi terbaru, tapi Toyota tetap tawarkan Reborn versi diesel dan bensin. Lalu mana yang lebih laris di pada Reborn dan Zenix?
Secara penjualan, Kijang Innova Zenix tercatat lebih unggul. Distribusi Innova Zenix terhadap Agustus 2024 raih 3.759 unit kala Innova Reborn 2.778 unit. Pun sekiranya dihitung sejak awal tahun, Kijang Innova Zenix unggul jauh. Pada periode Januari hingga Agustus, Toyota telah mendistribusikan 24.427 unit Zenix ke semua dealer-dealernya. Sedangkan Kijang Innova Reborn selama delapan bulan telah terdistribusi sebanyak 16.777 unit.
Meski sama-sama menyandang nama Innova, keduanya sadar berlainan total. Terlebih jika berkata dapur pacu, Kijang Innova Reborn tetap tawarkan opsi mesin diesel dan bensin. Kijang Innova Reborn diesel menggendong mesin 2 GD FTV berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya raih 149 PS terhadap 3.400 rpm bersama dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia terhadap rentang 1.200-2.800 rpm.
Kijang Innova Reborn bensin ada bersama dengan mesin berkode 1TR-FE empat silinder segaris 16 katup DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.998 cc. Tenaga maksimal mesin bensin itu raih 139 PS terhadap 5.600 rpm bersama dengan torsi maksimal 183,3 Nm terhadap 4.000 rpm. Innova bensin di tawarkan bersama dengan pilihan transmisi otomatis 6 percepatan bersama dengan Sport Sequential Switchmatic, atau transmisi manual 5 percepatan.
Sementara itu Kijang Innova Zenix terhitung tawarkan dua opsi. Pertama mesin konvensional dan satu lagi bermesin hybrid. Kijang Innova Zenix Hybrid mengusung mesin 2.000 cc M20A-FXS (152 PS terhadap 6.000 rpm dan torsi maksimal 187,3 Nm terhadap 4.400-5.200 rpm), yang di dukung motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Hasilnya, tenaga kombinasi raih 186 PS. Versi bensinnya menggendong mesin M20A-FKS yang memiliki tenaga 174 PS terhadap 6.600 rpm dan torsi 20,9 kgm terhadap rentang rpm 4.500-4.900.
Bagi Toyota, Kijang Innova memang menjadi tidak benar satu favorit penduduk Indonesia. Terlebih ketangguhannya telah terbukti. Makanya Innova menjadi tidak benar satu mobil legenda di Tanah Air.
“Kijang Innova secara total tetap menjadi favorit penduduk Indonesia. Kijang sendiri telah dipercaya konsumen sejak 1977,” kata Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy kepada detikOto belum lama ini.
Keduanya sadar memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Gimana, jika kamu lebih bahagia Kijang Innova Reborn atau Zenix nih?